Aneka resep makanan indonesia dan tradisional nusantara

Resep Cara Memasak Opor Ayam Kampung Lebaran

Resep Cara Memasak Opor Ayam Kampung Lebaran

opor ayam kampung

Saat H-5 lebaran ibu-ibu sudah mulai menyerbu pasar/ supermarket untuk belanja ayam, daging sapi, pepaya muda, labu siam, cabe dan semua bumbu pokok untuk masak lebaran. Ibu-ibu rela berdesak-desakan, antri, berangkat awal, dan lebih-lebih walau harga tinggi tetap dibeli karena masak lebaran sudah menjadi tradisi di masyarakat indonesia. Selain aneka minuman, salam tempel, dan aneka kue yang dicari saat berkunjung kerumah sanak keluarga adalah masakan lebarannya. apalagi jika ibu-ibu sudah terkenal handal memasak kayaknya kurang afdhol kalau gak masak salah satu menu wajibnya yaitu opor ayam. 

Ada berbagai variasi atau kreasi dari menu opor ayam karena ini memang sudah ibu-ibu pelajari dari orang tua masing-masing tiap lebaran. Nah untuk ibu muda modern saat ini yang sibuk kerja dan pegang gadget juga tidak mau ketinggalan dong, hayuk buka internetnya dan tinggal ketik resep cara memasak opor ayam kampung lebaran

Bahan:
  1. 1 ekor Ayam kampung dipotong menjadi 12 bagian
  2. Lengkuas 2-3 cm dikeprek
  3. Sereh ukuran sedang 2 btg
  4. Daun salam 3 lmbr
  5. Jahe 1 cm dikeprek
  6. Santan 1 L
  7. Minyak goreng
  8. Gula pasir/ merah & garam secukupnya
Bahan untuk bumbu opor ayam kampung lebaran :

  1. Bawang merah 6 btr
  2. Bawang putih 4 siung
  3. Ketumbar 1 sdt
  4. Pala 1/4 btr
  5. Merica butiran/bubuk 1 sdt atau cabe merah/ rawit (sesuai selera)
  6. Kemiri 4-5 btr
  7. Kunyit 2 -3 cm

Cara memasak opor ayam kampung lebaran :

  1. Haluskan bahan bumbu opor dengan di uleg/ diblender.
  2. Minyak goreng dipanaskan, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan sereh, lengkuas, jahe, & daun salam, tumis sampai matang dan harum.
  3. Masukkan potongan ayam kampung, masak sampai warnanya berubah kekuningan, lalu masukkan 1 liter santan, garam dan gula pasir/ merah. aduk perlahan agar santan menyatu dengan bumbu & tidak pecah.
  4. Masak sampai daging ayam matang & empuk dengan api kompor kecil, tunggu sampai kuah mengental agar lebih mantap saat dihidangkan dengan ketupat.
  5. Masakan siap disajikan dalam meja makan keluarga 
Monggo dipraktekkan ibu-ibu atau disimpan dulu resepnya, dipelajari untuk dipraktekkan lebaran bulan depan. Semoga menambah asiknya suasana kumpul keluarga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Memasak Opor Ayam Kampung Lebaran

0 komentar: