Aneka resep makanan indonesia dan tradisional nusantara

Resep Nasi Kuning Spesial Lebaran

Resep Nasi Kuning Spesial Lebaran

Nasi dengan warna spesial kuning ini memang salah satu makanan yang sangat populer di indonesia dengan rasa yang sangat gurih. Nasi kuning memang biasa dibuat untuk merayakan sesuatu yang merupakan tanda kebahagiaan atau rasa syukur. Kita terbiasa menjumpai nasi kuning di acara hajatan atau syukuran hari ulang tahun atau peresmian sebuah orgaisasi atau kelompok.

Untuk membuat resep Nasi Kuning spesial hari lebaran ini kita dapat menggunakan dua cara. Cra pertama adalah dengan dikukus, sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan alat modern yaitu penanak nasi atau menggunakan rice cooker. Tapi tentu saja masak dengan 2 metode ini akan menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda, rasa yang lebih gurih dan lebih nikmat saat disantap bisa kita rasakan dari hasil membuat nasi kuning menggunakan cara tradisional yaitu dengan di kukus.
Resep Nasi Kuning hari lebaran
Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi kuning spesial
*1 kg beras.
*Air secukupnya.
*1 liter santan kental.

Bumbu:
+ 2 ½ kunyit.
+ 5 lembar daun jeruk.
+ 2 serai, memarkan.
+ 3 lembar daun salam.
+ 3 sendok makan air jeruk nipis, dan garam secukupnya.

Bahan Pelengkap:
-Mentimun atau acar
-Sambal goreng kentang/tempe
-Telur mata sapi/Telur dadar di iris tipis.
-Sabut lengkuas yang digoreng.
-Daging ayam, suwir kecil-kecil dan Kerupuk.

Cara membuat nasi Kuning untuk lebaran

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah merendam beras kedalam air dan tambahkan parutan kunyit, rendam selama 25 menit. Kemudian kukus selama 30 menit.
  2. Kedua, rebus santan dan tambahkan dengan jahe, daun salam,serai, daun jeruk perut, dan tambah sedikit garam lalu diaduk terus sampai rata.
  3. lalu masukanlah nasi yang telah dikukus kedalam rebusan santan, dan tambahkan air jeruk
  4. Kukus kembali nasi kurang lebih 25 menit, angkat dan sajikan menggunakan piring saji yang diberi dekorasi telur mata sapi/telur iris, daging ayam dan bahan pelengkap lainnya.
Selain itu, resep nasi kuning spesial lebaran ini juga bisa bunda sajikan dengan bentuk nasi tumpeng. Caranya adalah dengan mencetak nasi kuning yang baru matang kedalam tumpeng, lalu di padatkan dan disajikan kesebuan nampan.
Semoga resep sederhana ini bisa membantu bunda yang ingin membuat nasi kuning spesial lebaran jadi lebih menarik dan mudah untuk dicoba. Semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Nasi Kuning Spesial Lebaran

0 komentar: