Aneka resep makanan indonesia dan tradisional nusantara

Resep Soto Ayam Solo Jawa Tengah

Berlibur ke daerah Solo, Kota Presiden Indonesia saat ini pak Jokowi membuat saya ketagihan dengan hidangan soto khas jawa tengah yang pernah di cicipi. Kelejatan dan rasa gurih sangat terasa dilidah saya yang memang cinta dengan olahan soto. Nah untuk mengabadikan momen tersebut, saya juga mencatat resep soto ayam Solo Jawa tengah dan cara membuatnya, berikut ini resep dan cara mengolahnya:

resep soto ayam solo jawa tengah

Resep soto ayam Solo jateng

Mempersiapkan bahan kebutuhan membuat soto ayam enak khas dari daerah jawa tengah, bahan yang dibutuhkan:
Satu ekor ayam, 2 liter air bersih, garam, merica, gula, 4cm lengkuas, dan 2 batang serai (digeprak memar).

Bahan untuk Bumbu soto jawa tengah: (dihaluskan)
Kemiri sangrai 5 buah, Jahe 2 cm, 2cm Kunyit bakar,
5 butir Bawang merah dan 3 siuang Bawang putih
Bahan pelengkap tambahan untuk membuat soto khas solo ini:
Toge yang sudah di randam air panas, 2 buah Kentang (potong potong dan digoreng), 5 biji Telur rebus yang dibelah jadi 2 bagian. Air jeruk nipis, Daun bawang dan seledri (di iris iris tipis) dan tidak lupa dengan tambahan Bawang goreng

Cara memasak soto jawa tengah

  • Rebus satu ekor ayam yang tadi telah disiapkan sampai matang, angkat dan suwir suwir. Sisihkan.
  • Membuat kuah soto khas solo jawa tengah yang lezat: Masukkan bumbu yang dihaluskan ke dalam kuah bersama garam , merica , gula , lengkuas , dan serai. Masak sampai mendidih dan bumbu matang.
  • Cara saji: masukan toge rebus, telur rebus, kentang dan suwiran ayam kedalam mangkuk. Siram dengan kuah soto yang masih panas. Taburkan irisan daun bawang dan bawang goreng, plus tambahkan air perasan jeruk nipis agar rasa semakin nikmat dan menambah selera makan.
Itulah catatan saya kali ini tentang cara membuat dan resep soto ayam jawa tengah, semoga bisa menginspirasi bunda dalam hal sajian menu makanan terutama untuk berbuka puasa. Mengingat sebentar lagi bulan suci ramadhan akan datang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Soto Ayam Solo Jawa Tengah