Aneka resep makanan indonesia dan tradisional nusantara

Resep Pastel Basah Istimewa

resep pastel basah
Resep Pastel Basah Istimewa- adalah kue atau makanan ringan yang biasa dihidangkan pada acara spesial ataupun perayaan hari-hari penting. Cemilan ini memang cocok dihidangkan saat acara pesta atau sebagai kue teman bersantai sambil ngopi atau minum teh hangat. Kue pastel basah memanglah terkenal di telinga masyarakat indonesia, tidak hanya dalam bentuk basah kue ini juga bisa digoreng kering dan krispy.
Cara mengolah kue ini dengan digoreng, pematangan yang harus merata antara bagian luar dan bagian dalam kue sangat diperhatikan. Jajanan pasar ini dapat dikombinasikan dengan aneka isi baik dari bahan sayur mayur, ayam, kentang dll. Kita juga perlu siapkan bahan2 yang nantinya digunakanuntuk membuat kue pastel basah ini.
Bahan dan bumbu yang dicatat dan siapkan:
Bahan Kulit Pastel:
Telur 1 butir
Tepung terigu 250 gram
Garam secukupnya
40 gram Margarin
100 cc air hangat kuku
Minyak goreng
Bahan Isi Pastel basah:
150 gram daging ayam giling
4 siung bawang putih
10 butir bawang merah
75 gram Buncis dipotong iris kecil-kecil
75 gram wortel di potong dadu
1 sdt Garam
Lada bubuk 1 sdt
Daun bawang 2 batang, iris secara halus
1 sdt Gula pasir
3 batang seledri -iris halus
Susu cair 100 cc
Margarin 3 sdm, yang digunakan untuk menumis
Telur rebus 2 butir, lalu dikupas, dan dipotong-potong

Cara Membuat Pastel Basah Istimewa :

  1. Campur semua bahan kulit, tuangkan air pada wadah yang telah diisi campuran bahan kulit (tuang airnya sedikit demi sedikit Ya, sambil di aduk dan diuleni). Kemudian gilas campuran adonan tersebut, dan cetak sesuai selera bunda, bila punya cetakan ya dipakai dong :d.
  2. Membuat bahan isi:
    Tumis bawang merah dan juga bawang putih dengan margarin sampe harum sedap tercium. Masukkan daging ayam dan aduk hingga merata. Setelah terjadi perubahan warna pada masakan, masukan bahan lain seperti buncis, garam, wortel, lada dan juga gula. Aduk campuran lagi sampe rata sambil di tuangkan susu perlahan-lahan dan masak sampai matang. Kemudian tambahkan dengan irisan daun seledri dan juga bawang di aduk rata, jika sudah matang angkat.
  3. Ambil adonan kulit yang sudah di cetak tadi, lalu beri isi pastel. Olesi adonan dengan air dan lipat hingga menjadi bentuk setengah lingkaran. Tekan-tekan tepinya sesuai menurut keinginan. Setea=lah semua isi pastel basah sudah habis, waktunya kita goreng-goreng.
  4. Goreng hingga berubah warna kuning kecoklatan. Jika perubahan sudah terjadi, lakukan penirisan pada makanan kemudian angkat, dan siap untuk dihidangkan.
Demi mendapatkan rasa yang diinginkan, pastikan anda mencatat semua resep dan bumbu pastel basah dengan benar ya bunda. Catat dan pahami betul cara membuat kue pastel isi ini agar anda paham teknih membuat adonan, bahan isi dan cara menggorengnya. Sehingga nanti pasteh basah yang dihasilkan memiliki rasa yang benar benar mantap, istimewa sajiannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Pastel Basah Istimewa

0 komentar: